Selamat Datang

Selamat datang di Blog Mata Kuliah Aplikasi Komputer. Blog ini saya sediakan untuk para mahasiswa yang ingin mengetahui dan berdiskusi tentang Aplikasi Komputer. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk menelusuri blog ini. Semoga blog ini bermanfaat.

Friday, March 8, 2013

Bergaul Karib dengan Aplikasi Komputer

Komputer, dewasa ini bukanlah termasuk barang mewah. Komputer dikenal sebagai alat yang dapat membantu manusia untuk melakukan berbagai hal diantaranya menulis kalimat, menghitung, menggambar dan masih banyak aktivitas  manusia yang dapat dilakukan dengan bantuan komputer. Perkembangan teknologi telah berkontribusi pada perkembangan komputer.Berdasarkan bagian-bagiannya, komputer terdiri atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Berkaitan dengan sejarah dan komputer dapat Anda baca di sini.

Sebagai pengguna komputer, ada juga orang yang ingin mengetahui proses kerja dari perangkat jaringan yang dimiliki oleh komputer. dan sebagian orang tidak peduli dengan bagaimana cara kerja sistem jaringan tersebut. Mereka merasa cukup dengan mengetahui bagian-bagian komputer, dan cara mengoprasikannya. Bagia Anda yang ingin mengetahui jaringan dan sistem operasional jaringan-jaringan yang ada di dalam komputer, Anda dapat membaca secara lengkap di sini.

Kaitannya dengan mata kuliah Aplikasi Komputer, mahasiswa yang mengikuti perkuliahan seyogyanya sudah terbiasa "bergaul" dengan komputer. Artinya, mahasiswa sudah terbiasa dengan perangkat yang dimiliki oleh komputer. Mahir menggunakan komputer, tidaklah lengkap apabila tidak dibarengi dengan mahir menggunakan layanan internet. Kedua ketrampilan inilah yang akan diberikan sebagai materi perkuliahan. Dengan demikian, tujuan akhir perkuliahan Aplikasi Komputer adalah mahasiswa mampu menggunakan secara optimal berbagai layanan yang disediakan oleh komputer dan fasilitas internet untuk berbagai tujuan.

 
Materi yang akan diberikan pada kuliah Aplikasi Komputer anatara lain sebagai berikut:
  1. Pengenalan komputer (hardware dan software) dan manajemen file dan data
  2. Penggunaan layanan Microsoft Word (pengetikan dan track change). Bagi Anda yang ingin mendapatkan panduan pengetikan dan track change silahkan unduh di sini.
  3. Penggunaan layanan Microsoft Excel (penghitungan, grafik, dan analisis statistika)
  4. Penggunaan layanan Microsoft Power Poin
  5. Penggunaan internet secara bijaksana dan sesuai dengan kaidah ilmiah
Satu hal yang perlu diingat bahwa komputer adalah alat bantu yang dapat meningkatkan kinerja kita dalam mengerjakan sesuatu, dan diperlukan latihan secara terus-menerus dengan cara menggunakannya sesering mungkin untuk membantu kita dalam menyelesaikan sesuatu yang tentunya sangat dimungkinkan dilakukan oleh komputer. Apabila menyimak jargon yang pernah ada, ada baiknya ini kita baca untuk menyemangati kita dalam kuliah Aplikasi Komputer. Jargon tersebut adalah "Hari gini tidak bayar pajak, apa kata dunia" kita ganti dengan "Hari gini tidak bisa menggunakan Aplikasi Komputer, apa kata dunia"













No comments:

Post a Comment