Selamat Datang

Selamat datang di Blog Mata Kuliah Aplikasi Komputer. Blog ini saya sediakan untuk para mahasiswa yang ingin mengetahui dan berdiskusi tentang Aplikasi Komputer. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk menelusuri blog ini. Semoga blog ini bermanfaat.

Friday, March 8, 2013

Menjelajah Tulisan Mahasiswa dengan Bantuan Track Change

Saya sangat sedih ketika salah seorang mahasiswa ditanya oleh pembimbing I, apakah sudah konsultasi pada pembimbing 2, dan mahasiswa menjawab dengan mengatakan bahwa saya sulit ditemui. Padahal, saya sudah meberikan koreksi pada mahasiswa tersebut dan mahasiswa menghilang selama satu minggu, dan saya terus ada di kampus menunggu dan bahkan mencari mahasiswa tersebut. Betapa terkejutnya saya ketika hasil perbaikan yang diserahkan kepada saya, tanpa ada perbaikan satu kalimatpun. Selanjutnya merenung dan akhirnya muncul ide untuk melakukan konsultasi dengan menggunakan kemajuan teknologi Internet. Saya terinspirasi oleh rekan sejawat dosen yang telah melakukan hal itu. Dan selain menggunakan Internet juga pastinya menggunakan program yang disediakan oleh word yang bernama Track and Changes. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengirimkan file tulisan melalui email ke saya dan saya melakukan koreksi dengan program tersebut dan mengirimkan kembali kepada mahasiswa saya melalui alamat email yang mereka miliki.


Saya selanjutnya bertanya pada rekan sejawat tersebut, apakah mahasiswa sudah terbiasa dengan program itu? Jawabannya adalah kita harus memaksa mahasiswa untuk bisa agar mereka tidak saja memiliki kemampuan akademik tetapi juga kemampuan lain yang tidak kalah pentingnya dengan kemampuan akademik, terlebih pada era teknologi seperti sekarang ini.Saya bersyukur karena rekan sejawat dosen yang saya jadikan teman untuk berdiskusi, memiliki blog dan salah satu tulisan yang dimuat adalah penggunaan Track and Changes untuk membimbing mahasiswa membuat karya tulis. Untuk membimbing mahasiswa menggunakan Track and Changes, saya sengaja mentautkan blog teman sejawat saya tadi yang memuat tentang Track and Changes ke blog saya ini sehingga mahasiswa dapat belajar 24 jam untuk memahami dan menggunakan program tersebut.

Memanfaatkan Fitur Track Changes dalam Word untuk Mengomentari dan Menanggapi Komentar

No comments:

Post a Comment