Selamat Datang

Selamat datang di Blog Mata Kuliah Aplikasi Komputer. Blog ini saya sediakan untuk para mahasiswa yang ingin mengetahui dan berdiskusi tentang Aplikasi Komputer. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk menelusuri blog ini. Semoga blog ini bermanfaat.

Friday, March 8, 2013

Mesin Ketik Vs Komputer

Sebelum kita mengenal komputer, mesin ketik sudah kita kenal sebagai alat bantu untuk menuangkan kalimat dalam selembar kertas. Mesin ketik sangat membantu orang-orang yang tidak percaya diri terhadap tulisan yang digoreskan pada lembaran kertas dengan tangannya sendiri. Mereka merasa bahwa dengan mengetik tulisan tersebut dengan mesin ketik, tulisan mereka pasti sangat dapat dibaca dengan baik oleh pembacanya dibandingkan dengan tulisan tangannya sendiri. Namun demikian, kemahiran orang memainkan mesin ketik berpengaruh pada hasil ketikan dan tingkat kesalahan yang ditimbulkan. Semakin mahir menggunakan mesin ketik akan semakin bagus hasilnya dan semakin kecil mengganti kertas dan mengulang pengetikan karena kesalahan yang terjadi. Demikian pula sebaliknya, semakin kurang mahir mengetik maka akan semakin sering mengganti kertas dan mengulang pengetikan.


Ketika kita salah mengetikkan kata dan/atau kalimat, maka sebagian besar orang sering mengulang kembali pengetikan tersebut. Dengan demikian, pengetikan harus dimulai dari awal kembali. Kita patut berbahagia ketika komputer telah hadir ditengah-tengah kita dengan layanan JAUH LEBIH BANYAK dibandingkan dengan mesin ketik. Layanan pengetikan sebagaimana fungsi mesin ketik disediakan dalam bentu program Microsoft Word sebagai software sebuah komputer.

Ketika kita telah mengenal komputer, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan ketrampilan diri untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh Microsoft Word secara maksimal. Panduan penggunaan program ini telah tersedia dalam bentuk buku yang dijual secara bebas dan dengan mudah kita jumpai di toko-toko buku di daerah kita. Ditambah dengan fasilitas layanan internet, panduan penggunaan program ini disediakan dalam bentuk tidak bayar alias gratis dengan cara mengunduh dari situs-situs yang menyediakan penggunaan program ini. Bagi Anda yang ingin mengunduh panduan penggunaan Microsoft Word 2007, Anda dapat mengunduhnya di sini. Dengan demikian, menguasai Microsoft Word dapat dilakukan sendiri, asalkan ada niat dan kinginan untuk terus mencoba dan melatih diri.

Kaitannya dengan Mata Kuliah Aplikasi Komputer, maka kita tidak mengetik menggunakan komputer. Dengan demikian, mari kita optimalkan fungsi komputer ini jauh lebih dari hanya sekedar mesin ketik. Dengan adanya komputer, bukan berarti mesin ketik tidak ada gunanya. Beberapa kegiatan masih membutuhkan kehadiran mesin ketik. Oleh karena itu, mesin ketikpun mengalami peningkatan dapam bentuk dan fungsi serta lebih fleksibel untuk dipindahkan. Pada akhir tulisan ini, marilah kita bisa menggunakan mesin ketik dan komputer sesuai dengan fungsi dan tujuan penggunaannya, sehingga kita dapat menghasilkan karya dengan baik dan tepat waktu.



No comments:

Post a Comment